Home » , , , , » MAKALAH ANALISIS PEMANFAATAN RETORIKA DALAM BIDANG PENDIDIKAN

MAKALAH ANALISIS PEMANFAATAN RETORIKA DALAM BIDANG PENDIDIKAN

MAKALAH

ANALISIS PEMANFAATAN RETORIKA DALAM BIDANG PENDIDIKAN
PADA PIDATO TUJUAN ALLAH SWT. MENCIPTAKAN MANUSIA
DISUSUN UNTUK MEMENUHI TUGAS MATA KULIAH ’’RETORIK”
Dosen Pembina Bpk. Rahmad. M.Pd

















Di Susun Oleh :
......................
08.55201....
..........




FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
JURUSAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
UNIVERSITAS MADURA
2010


DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR ............................................................................................   i
DAFTAR ISI ..........................................................................................................   ii
BAB I PENDAHULUAN......................................................................................   1
1.1.  Latar Belakang............................................................................................   1
1.2.  Rumusan Masalah.......................................................................................   1
1.3.  Tujuan..........................................................................................................   2
BAB II PEMBAHASAN........................................................................................   3
2.1. Pemanfaatan Retorika Secara Umum..........................................................   3
2.2. Pemanfaatan Retorika Dalam Bidang pendidikan......................................   3
2.3. Tujuan Pemanfaataan Retorika Dalam Bidang pendidikan........................   4
2.3.1. Data..........................................................................................................   5
2.3.2. Kajian Tentang Manusia yang bertutur ...................................................   6
BAB III PENUTUP ...............................................................................................   7
3.1. Kesimpulan .................................................................................................   7
3.2. Saran ...........................................................................................................   7
DAFTAR PUSTAKA .............................................................................................   8
LAMPIRAN




KATA PENGANTAR

Syukur alhamdulillah kami panjatkan kehadiran ALLAH SWT yang telah melimpahkan rahmat Nya kepada kami sehingga kami dapat menyelesaikan makalah yang berjudul ”ANALISIS PEMANFAATAN RETORIKA DALAM BIDANG PENDIDIKAN ”.
Oleh karena itu, kami telah berusaha semaksimal mungkin untuk menyusun makalah ini sebaik-baiknya. Untuk itu, kami mengharapkan saran dan kritiknya yang bersifat membangun demi kesempurnaan makalah ini.
Atas perhatiannya kami ucapkan banyak terima kasih, semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi kita semua sebagaimana mestinya.










Pamekasan, 01 Desember 2010

                Penyusun





BAB I
PENDAHULUAN

1.1.      Latar Belakang
Retorika adalah ilmu yang mempelajari kegiatan bertutur baik secara lisan ataupun tulisan. Retorik selalu terlibat dalam kehidupan bertutur masyarakat. Selama tindak dan usaha dalam kegiatan bertutur dilakukan orang selama tindak dan usaha itu di maksudkan mempengaruhi pihak lain dan selama maksud mempengaruhi selalu ada dalam setiap kegiatan bertutur, maka selama itu pula orang terlibat dengan masalah retorik. Dengan kata lain tidak ada orang yang terlepas sama sekali dari retorik, sepanjang dia masih menyediakan diri hidup bermasyarakat. Dikatakan demikian atau kegiatan bertutur menggunakan bahasa sebagai media tutur, pemanfaatan retorika dalam bidang pendidikan ini artinya Pendidikan yang merupakan ujung tombak dalam pengembangan sumber daya manusia harus bisa berperan aktif dalam peningkatan kualitas dan juga kuantitas. Upaya pengembangan pendidikan harus sesuai dengan proses pengajaran yang tepat agar anak didik dapat menerima pelajaran dengan baik. Dalam kegiatan pembelajaran tidak terlepas dari berbagai variabel pokok yang saling berkaitan yaitu kurikulum, guru/pendidik, pembelajaran, peserta. Dimana semua komponen ini bertujuan untuk kepentingan peserta. Berdasarkan hal tersebut pendidik di tuntut harus mampu menggunakan berbagai pendekatan pembelajaran agar peserta didik dapat melakukan kegiatan belajar dengan menyenangkan. Hal ini dilatar belakangi bahwa peserta didik bukan hanya sebagai obyek tetapi juga sebagai subyek dalam pembelajaran. Peserta didik harus disiapkan sejak awal untuk mampu bersosialisasi dengan lingkungannya sehingga berbagai jenis pendekatan pembelajaran yang dapat digunakan oeh pendidik.

1.2.      Rumusan Masalah
Dari latar belakang diatas maka rumusan masalahnya sebagai berikut :
1.2.1.      Jelaskan tentang pemanfaatan retorika secara umum !
1.2.2.      Jelaskan tentang bahasa yang digunakan !
1.2.3.      Apa tujuan pemanfaatan retorika dalam bidang Pendidikan ?
1.2.4.      Bagaimana isi komposisi dalam pidato tujuan Allah SWT Menciptakan manusia ?
1.3.      Tujuan
1.3.1.  Kita dapat mengetahui tentang pemanfaatan retoriak secara umum.
1.3.2. Kita dapat mengetahui tentang pemanfaatan retorika secara khusus yaitu dalam bidang pendikan.
1.3.3. Secara pribadi kita bisa tahu dan mengerti serta menggunakan bahasa dalam tindak tutur yang baik dalam kehidupan sehari-hari.



















BAB II
PEMBAHASAN
2.1.Pemanfaatan retorika secara umum
Pemanfaatan retorika secara umum dapat dilihat dari pernyataan berikut. Menurut ahli retorik kenamaan ”Donald C. Bryant”. Menurutnya kehidupan bersama atau bermasyarakat ini penuh dengan masalah yang bertaut-taut sama lain., masalah-masalah inilah yang membuat masyarakat itu dinamis dalam pertumbuhan dan perkembangannya. Tanpa masalah, masyarakat tersebut adalah masyarakat yang mati. Dan bahkan mungkin tidak berhak disebut masyarakat lagi, karena memang tidak ada masyarakat yang masalah terhadap berbagai masalah yang ada atau timbul ataukah sengaja dimunculkan dalam kehidupan bermasyarakat itu, sebagian besar warganya memiliki pandangan, pendapat, penilaian, atau yang semacam dengan ini.karena perbedaan pribadi,pengetahuan, pengalaman antar warga masyarakat tersebut, maka pendapatnyapun berbeda- beda terhadap persoalan yang sama itu perbedaan inilah yang antara lain membuat mereka bertutur, menuturkan pendapatnya dan pemecahannya., tentu saja dalam hubungan ini dia berusaha meyakinkan penanggap tuturnya bahwa apa yang dituturkannya itu adalah yang terbaik. Untuk meyakinkan ini, secara sadar ataukah tidak dia memanfaatkan retorik yang tampak berupa pemilihan materi bahasa, jadio, pemanfaatan retorik secara umum yaitu ebagai alat pemecahan masalah, sehingga bisa dikatakan retorik selalu ada dalam kehidupanmanusia bermasyarakat. 

2.2. Pemanfaatan Retorika dalam bidang pendidikan
Ada berbagai bidang profesi yang memanfatkan retorik secara perencana yang di maksudkan pemanfaatan retorik secara perencana ini ialah penggunaan retorik yang direncanakan sebelumnya secara sadar yang di arahkan ke suatu tujuan yang jelas. Perencanaan serta penggunaan ini tentu saja mendapat pengolahan yang baik sebelumya. Adapun bidang pendidikan yang memafaatkan langsung secara terencana salah satunya ialah pendidikan. Pendidikan harus diawali dengan dua pengamatan dasar, pertama bahwa orang-orang dengan pendidikan yang lebih tinggi berbeda dengan orang yang kurang berpendidikan. Pengamatan kedua adalah perubahan individu yang terjadi setelah mereka mendapatkan yang lebih tinggi.

 2.3. Tujuan Pemanfaatan retorika dalam pendidikan Pada Pidato ” Tujuan Allah Swt. Menciptakan Manusia “.
Ada tujuan pemamfaatan retorika dalam pendidikan pada pidato ” tujuan allah swt.menciptakan manusia “ adalah sebagai berikut :
2.3.1.      Setiap siswa memiliki karakteristik yang berbeda-beda sehingga setiap karakteristik tersebut harus dapat dipahami agar mereka dapat mencapai manfaat dalam pendidikan.
2.3.2.      Sebagai tambahan pengaruh orang lain dalam masyarakat dapat mempengaruhi pendidikan siswa, baik secara langsung maupun tidak langsung (keluarga dan teman-teman atau guru).
2.3.3.      Manfaat yang akan diperoleh siswa mudah sekali untuk dijelaskan,













2.3.1. Data
.




























2.3.2.  Analisis Data
Ada beberapa hal dari berbagai aspek yang perlu di Analisis dalam pidato di atas, antara lain adalah Manusia, Topik tutur, bahasa, Tindak tutur, dan komposisi Pidato. Pembuat pidato, dalam hal ini adalah manusia. Manusia merupakan mahluk yang berfikir diantara mahluk-mahluk tuhan yang lain, ia selalu memikirkan setiap perubahan-perubahan yang ada di sekitarnya, termasuk tingkat kesadaran dari masing-masing individu dari manusia itu sendiri. Maka dari itu manusia akan melakukan perubahan-perubahan baru untuk menuju kepada hal yang lebih baik termasuk menyadarkan lingkungannya. 
Topik tutur atau  pokok permasalahan yang termaktub dalam isi pidato itu merupakan kehawatiran terjadinya kesalah pahaman penciptaan manusia, sehingga orang yang membuat pidato mencoba untuk menuangkan persoalannya dalam sebuah bentuk pidato yang sederhana dan mudah di pahami oleh setiap orang yang membaca atau mendengarkan isi pidato tersebut..  .
Bahasa yang di gunakan dalam pidato tersebut sangatlah singkat, sederhana. Sehingga walaupun hanya membaca satu kali dari isi pidato tersebut langsung bisa di pahami, selain itu, susunan bahasa yang di gunakan menggunakan bahasa baku dan apabila di tafsirkan atau di jabarkan dalam keterangan yang lebih luas tidak akan terjadi multi tafsir.
Tindak tutur atau tujuan dari pidato ”Tujuan Allah SWT menciptakan Manusia” ini adalah seperti yang telah di uraikan di atas bahwa pidato ini merupakan penyadaran kembali kepada setiap manusia agar mengingat terhadap hakikat di ciptakannya manusia oleh Allah. Selain itu, pidato ini juga mengajak manusia untuk mencontoh kehidupan Nabi Muhammad SAW, termasuk juga beribadah sesuai dengan tuntunan Nabi.     
Komposisi pidato atau korelasi pidato dari awal sampai ahir merupakan susunan dalam naskah pidato tersebut. Adapun komposisinya yang adalah terdiri dari pengantar walaupun hanya sekelumit, inti pidato, himbauan, dan penutup. Pidato tersebut tidak mengulas pengantarnya terlebih dahulu secara luas, sehingga isi pidato hampir saja tidak di ketahui.
BAB III
PENUTUP

4.1.Kesimpulan

1.      Pemanfaatan retorika secara umum ialah sebagai  alat pecahan masalah sehingga bisa di katakan retorik  selalu ada dalam kehidupan manusia bermasyarakat.
2.      Pemanfaatan retorik dalam bidang pendidikan, ada berbagai bidang profesi yang memanfaatkan retorika secara terencana. Yang dimaksud pemanfaatan retorik secara terencana ialah pengguaan retorik yang di rencanakan sebelumnya secara sadar yang di arahkan kesuatu tujuan yang jelas.

3.      Pemanfaatan retorika dalam pidato yang berjudul ”Tujuan Allah SWT menciptakan Manusia” ini adalah seperti yang telah di uraikan di atas bahwa pidato ini merupakan penyadaran kembali kepada setiap manusia agar mengingat terhadap hakikat di ciptakannya manusia oleh Allah. Selain itu, pidato ini juga mengajak manusia untuk mencontoh kehidupan Nabi Muhammad SAW, termasuk juga beribadah sesuai dengan tuntunan Nabi.      

3.2. Saran
Untuk bisa mengkaji pemanfaaatan retorik pada segala bidang kehidupan berbahasa maka seseorang penganalisis harus menguasai ilmu retorik terlebih dahulu agar mudah menganalisis.






DAFTAR PUSTAKA


Keraf Gorsyi. Diksi dan Gaya Bahasa Seri Retorika, Jakarta, PT Gramedia Pustaka Utama Jakarta, 2006 
NGURAH..I GUSTI OKA. Retorik Sebuah Tinjauan Pengantar , Bandung, Tarate Bandung 1985.
SUWITO, Sosiolinguistik , Fakultas Sastra Universitas Sebelas Maret, Surakarta. 1985.





























KATA PENGANTAR

Syukur Al-hamdulillah kami panjatkan kehadirat Allah Swt yang telah memberikan rahmat, taufik dan hidayahnya, sehingga saya dapat menyusun dan menyelesikan makalah yang berjudul ”ANALISIS PEMANFAATAN RETORIKA DALAM BIDANG PENDIDIKAN ”. Shalawat dan salam semoga tetap tercurahkan limpahkan kepada nabi Muhammad SAW yang telah mengubah tatanan kehidupan kita dari kehidupan yang jahiliyah menuju kehidupan yang penuh dengan tarbiyah, addiniyah dan insaniyah.
Dengan penuh kesadaran bahwa setiap insane tidak lepas dari kesalahan maka dari itu penulis sangat terbuka dan membuka kritik konstruktif dari pembaca demi sempurnanya tugas berikutnya.




Pamekasan, 01 Desember 2010

                Penyusun


Jangan lupa komentarnya ya gan, komentar anda lebih berharga dari pada berlian.
Share this article :

2 komentar:

ewrewr said...

Wah Postnya Keren Gan..!!
jangan lupa mampir ke Blog ane(koment back)..!!

Nice Blog

ipoung said...

mksih gan, oke nnti tak langsung ke TKP.

Post a Comment

komentar anda lebih berharga dari apapun, dengan komentar anda berarti anda ikut memajukan blog kami.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Support : Creating Website | Johny Template | Maskolis | Johny Portal | Johny Magazine | Johny News | Johny Demosite
Copyright © 2011. Indonesian Blog Walking - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger